5 Contoh Marketplace Yang Berada Di Indonesia

 

Halo semua pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa contoh marketplace yang berada di indonesia. ngomong – ngomong soal marketplace. sudah tahu belum arti dari marketplace itu sendiri?
Apa itu Marketplace?
Marketplace adalah suatu platform dimana memiliki tugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online.
marketplace menyediakan berbagai fasilitas yang telah disediakan seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman dan lain sebagainya.
Lalu apa bedanya antara Marketplace dengan Toko Online?
nah teman teman harus tahu kalau marketplace itu adalah sebuah platform yang menemukan antara penjual dan pembeli itu berkumpul kalau kita analogikan di dunia nyata seperti pasar.
Sedangkan untuk toko online hanya dimiliki oleh satu perusahaan dan hanya menjual produknya sendiri. contohnya adalah Zara, Airbnb, Apple, IKEA, dan Nike.
Berikut ini adalah beberapa contoh marketplace yang berada di indonesia:
  1. Tokopedia
Siapa nih yang belum tahu tokopedia?
Kemungkinan hampir semua teman – teman disini sudah tahu. Tokopedia sendiri adalah salah satu mall belanja berbasis online yang memungkinkan setiap orang dan pemilik bisnis di indonesia untuk membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya.
Kapan Tokopedia didirikan ?
Tokopedia sendiri didirikan pada tanggal 17 Agustus 2009 dibawah naungan PT. Tokopedia yang didirikan oleh wiliam Tanuwijaya dan leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009.
  1. Shopee
Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura yang dimiliki oleh Sea Limited (sebelumnya dikenal dengan nama Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.Mulai tahun 2019, Shopee juga sudah aktif di negara Brasil, menjadikannya negara pertama di Amerika Selatan dan luar Asia yang dikunjungi Shopee
  1. Bukalapak
Bukalapak adalah salah satu toko online marketplace terbesar dan terkemuka di Indonesia. Di dalamnya terdapat layanan jual-beli secara online. Semua orang dapat membuka toko online atau lapak online di Bukalapak. Hal ini karena mereka memang memberikan pelayanan pembelian dari seluruh Indonesia, baik dalam jumlah satuan maupun dalam jumlah banyak.
  1. Lazada
Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group. Pada 2014, Lazada Group mengoperasikan situs-situs di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam dan meraih sekitar US$647 juta dari beberapa putaran investasi dari para investornya seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JPMorgan Chase, Investment AB Kinnevik dan Rocket Internet.
  1. VcGamers
VCgamers adalah salah satu marketplace game yang berada di indonesia. VCGamers adlaah platform karya anak bangsa yang berlokasi di bekasi jawa barat. etimologi huruf VC pada VCGamers, yakni dari VICI yang artinya adalah sebagai kemenangan teruntuk para gamers yang ada di Indonesia.
Awal mula VCGamers hadir yakni dimulai dari keresahan tim VCGamers mendapatkan tempat yang terpercaya untuk berkomunitas, interaksi, serta bertransaksi di dunia games.
VCGamers memfasilitasi komunitas-komunitas game di seluruh indonesia, dan saat ini telah meluncurkan fitur terbaru yakni marketplace yang menawarkan pengalaman transaksi jual-beli online pada semua jenis produk digital terlengkap. Tentunya dengan pelayanan terbaik, VCGamers memberikan solusi keamanan untuk para gamers dengan metode berjualan yang mudah, aman, serta jaminan pengembalian produk pembelian. VCGamers juga mendukung secara maksimal kepuasan untuk berjualan secara online, sehingga dapat dipastikan sinergi yang baik antara pelanggan dan penjual.
Kami berkomitmen untuk mendukung seluruh kebutuhan para Gamers dengan cara yang mudah, aman, nyaman, dan terpercaya, serta membuat pengalaman bermain game semakin menyenangkan. Jadilah bagian dari ribuan Komunitas Gamers, Penjual, dan Pembeli dari seluruh Indonesia!
Penutup:
diatas tadi tentunya hanyalah Sebagian yang saya sebutkan karena memang marketplace di di indonesia mulai tumbuh banyak.
Mungkin Itu tadi Artikel mengenai 7 contoh Marketplace yang ada di indonesia kalau boleh tahu teman – teman biasanya memakai yang mana dalam menggunakan jual – beli Online?